ABSTRAK FILM THE PLATFORM

ABSTRAK 


    Film telah menjadi fenomena yang menarik di dunia. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, film adalah sebuah manifestasi untuk pengembangan kehidupan budaya masyarakat kemudian. Pengalaman film sesekali dan sesuai dengan teknologi yang digunakan dan mata pelajaran yang digunakan berperilaku Karena film berkembang sesuai dengan unsur-unsurnya budaya orang-orang dibelakangnya, termasuk perkembangan bahasa. 

    Penelitian kali ini mengambil film The Platform yang akan diteliti dengan urgensi untuk menyadarkan tentang sistem sosial yang berada di masyarakat agar peka kepada sesama dan saling membantu. Ini adalah sebagai contoh buruk dari sistem yang ada dan diharapkan diperbaiki lebih baik dan sesuai. 

    Film The Platform ini menceritakan penjara di antah berantah dengan dibangun seperti menara. Sangat berbeda dengan penjara umumnya yang masih punya peraturan manusiawi. Penjara dalam film The Platform mempunyai sistem yang sangat kejam seolah ingin membunuh penghuninya secara pelan-pelan.

     Dalam penelitian ini objek yang kami gali berupa alur cerita dan pesan moral. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teori semiotika Roland Barthes yang memiliki proses pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos. Sampel yang diteliti adalah beberapa scene yang mengandung pesan kritik sosial. Penelitian ini memberi penekanan nilai positif seperti keberanian, semangat, pantang menyerah untuk melawan sistem yang bekerja di dalam penjara tersebut. Pembelajaran dari film The Platform adalah jangan seenaknya bila berada di kasta teratas, lihatlah kasta bawah dan bantu sesama atas nama nilai kemanusiaan.

Nama:
- Khreisna Anggriawan 202146500809
- Ghazy Al Ghifari 202146500804

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELOMPOK REVIEW 20 JURNAL MENGGUNAKAN TEORI FERDINAND DE SAUSSURE

Mitos Dan Pengalaman Estetis Dari Sebuah Lagu

Mitos, Metafora dan Metomini Semiotika dalam Video Musik Laze - Simulasi Harta Takhta